DPR RI Bahas Aspirasi Masyarakat di Kantor Walikota Jakarta Barat

Anggota DPR RI Komisi XI, Kamrussamad mendatangi kantor Walikota Jakarta Barat, Senin (23/5). Ia hadir melakukan audensi dengan Wali Kota beserta jajarannya terkait penyampaian aspirasi masyarakat yang dikumpulkan selama menjalani masa reses dari bulan November 2021 hingga April 2022.

Aspirasi masyarakat setebal buku tersebut sebelumnya telah melalui serangkaian proses pembahasan bersama tim di DPR. “Selama enam bulan, kami dapatkan aspirasi setebal buku ini. Kemudian diolah, dikompilasi, dibedah per kelurahan, per suku dinas permasalahannya sesuai dengan konten, kemudian kami bahas di internal tim.” ujarnya.

Tak hanya sekadar dibahas, dirinya bersama tim juga melakukan chross chek lapangan. “Kami lakukan cross chek lapangan. Karena ketika kami berdialog, bisa jadi warga belum mengajukan bukti-bukti permasalahan atau dokumentasi. Setelah itu kami kumpulkan untuk selanjutnya kita tindaklanjuti di tingkat kota Jakarta Barat,” jelasnya.

Dirinya hadir untuk bisa bertemu dengan Wali Kota Jakarta Barat beserta jajarannya untuk menyampaikan aspirasi masyarakat yang mayoritas berkaitan langsung dengan kebutuhan sehari-hari. Karena 99% aspirasi masyarakat bukan menjadi kewenangannya.

Ia mencontohkan, pembangunan jalan tol Grogol yang menimbulkan permasalahan terjadinya rembesan air sehingga berdampak pada masyarakat. “Permasalahan ini kami tindaklanjuti langsung ke jasa marga, agar dibangun pembatas beton sekaligus pembuatan saluran baru. Jadi masalah ini tidak kita limpahkan ke kota atau pemprov, karena kami bisa menjangkau pada tingkat pemerintah pusat atau BUMN,” jelasnya.

Aspirasi masyarakat yang dihimpun sangat bervariasi. Diantaranya, usulan perbaikan jalan, perbaikan saluran, kesehatan hingga aspirasi masyarakat yang belum terealisasi hingga saat ini.

Menanggapi hal itu, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Adkesra), Amin Haji, mengucapkan terimakasih kepada anggota dewan terkait penyampaian aspirasi masyarakat yang untuk selanjutnya menjadi pembahasan pada masing-masing intansi terkait.

“Saya yakin dan percaya karena semua sudah masuk aspirasi masyarakat. Ini masukan buat kami. Terimakasih karena ini menjadi catatan kami semua. Saya yakin semua teman-teman sudin sudah menerima dan ditindaklanjuti sesuai tahapan-tahapan,” ujarnya. (Zlf)

Leave a Reply

Your email address will not be published.